Karya dan Kebanggaan

Oleh Dwiki Sandy Founder Komunitas PALI Bergerak

Karya merupakan bentuk hasil dari daya cipta yang tercipta oleh kreasi dan prestasi diri, baik kolektif maupun individu, setiap karya yang dihasilkan selalu lahir dari berbagai individu yang memiliki potensi dan memiliki inovasi kinerja, karya-karya itu kemudian akan menimbulkan kepercayaan publik terhadap pemilik karya, dan akan menghasilkan semua kepribadian yang senantiasa menjadi kebanggaan tersendiri bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri ketika karya kita dihargai oleh publik, apalagi karya itu membawa nama baik indentitas suatu instansi ataupun lembaga, dan saya yang selaku mahasiswa disuatu jurusan merasa bahwa hal itulah yang akan saya wujudkan, menjadi kebanggaan bagi jurusanku.

Semua karya tidak hanya berbentuk prestasi lomba-lomba, karya ilmiah atau hal-hal kompetitif, namun juga karya juga dapat berupa kebermanfaatan, yang lahir dari sebuah prestasi sosial seperti ikut kegiatan sosial, organisasi, maupun kegiatan kependidikan. Hal ini merupakan karya kebaikan yang bersifat kolektif, yang tak banyak orang ingin bergelut dibidang seperti ini, mengingat banyak mahasiswa hari ini yang kerangka berpikirnya sama dengan paham hedonisme, mereka selalu berorientasi pada hal-hal yang mereka anggap menyenangkan saja, ketika ada sebuah kegiatan yang melelahkan, banyak diantara mereka yang lebih memilih untuk tidak berkecimpung di dunia seperti itu. Namun hal itu yang saat ini justru saya geluti, dunia yang banyak tidak disukai orang-orang individualis. Namun menjadi sebuah kebanggaan tersendiri ketika saya berada dalam suatu forum besar, dengan bangganya saya membawa nama jurusan saya, dan juga menjadi sebuah keharusan bagi saya untuk menciptakan karya berupa karya kebaikan untuk meningkatkan eksistensi dari apa yang saya bawa agar selalu senantiasa menjadi kebanggaan bagi saya maupun masyarakat sekitar.

Menjadi pengiat sosial diberbagai organisasi adalah sebuah kebanggaan tersendiri, dan seharusnya menjadi kebiasaan bagi setiap orang untuk menciptakan karya-karya lewat kegiatan sosial seperti ini, mengingat banyak yang perlu kita perhatikan. Ketika kita sudah masuk kedalam dunia seperti ini (read: sosial-kemasyarakatan) banyak hal-hal yang bisa kita lakukan, banyak kebermanfaatan yang dapat kita buat, karena mahasiswa yang memiliki jiwa sosial hari ini sangat begitu minim, sehingga ketika keminiman ini terus ditumbuh kembangkan maka akan menjadi sebuah problem yang serius bagi keberlangsungan kehidupan. Maka oleh karenanya jiwa sosial itu harus kita tumbuh kembangkan, supaya hal itu dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi dewasa ini.

Komentar