Indonesia: Benarkah Telah Merdeka?

74 tahun sudah negara Indonesia merdeka dari penjajah.

Kemerdekaan Indonesia diperjuangkan oleh pejuang dengan bercucuran darah.

Darah menjadi saksi dan sejarah betapa besarnya pengorbanan para pejuang bangsa Indonesia untuk merdeka.

Betul. Secara hukum Indonesia telah merdeka sejak 74 tahun lalu, namun apakah hari ini, negara ini telah benar-benar merdeka, dengan segala persoalan yang ada.

Bagi saya negara Indonesia secara substansial belum sepenuhnya merdeka, sebab, banyak bidang yang hingga hari ini terjajah.

Ekonomi kita misalnya masih jauh dari yang ditargetkan pemerintah, ketimpangan-ketimpangan harga yang kerapkali meresahkan masyarakat Indonesia membuat kita merasa ada yang salah dengan negara kita. Kita terlampau sering melakukan impor, padahal Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam.

Aset-aset negara, banyak dikelola asing, padahal seharusnya semua sumber daya alam yang ada dinegara kita dikelola oleh negara.

Dibidang kebudayaan, globalisasi menjadi momok mengerikan yang  merusak kebudayaan bangsa. Westernisasi gencar diterapkan dinegeri kita, hal ini membuat kebudayaan lokal sering kali dikesampingkan bahkan lambat laun mulai punah.

Dibidang pertanian, Indonesia katanya negara agraris, swasembada pangan, bukan malah mengekspor namun pemerintah justru melakukan impor pangan. Pun dibidang lainnya, yang terlampau panjang untuk dijabarkan.

Dengan beberapa persoalan yang telah terjadi, muncul pertanyaan dibenak saya, apakah negara kita Indonesia telah merdeka seutuhnya.

Dalam momentum kemerdekaan Indonesia ini, mari kita jadikan refleksi untuk membawa Indonesia jauh lebih baik lagi.

Komentar